Gunung Argapura

on Jumat, 11 Februari 2011


Gunung Argapura merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Argapura mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter. Gunung ini sering juga disebut dengan Argopuro.

Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi.

Gunung ini termasuk bagian dari pegunungan Iyang yang terletak di kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Berada pada posisi di antara Gunung Semeru dan Gunung Raung. Ada beberapa puncak yang dimiliki oleh gunung ini. Puncak yang terkenal bernama Puncak Rengganis/gunung Welirang(topografichen Dienst 1928). Sedangkan puncak tertingginya berada pada jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. Puncak tertinggi ini bernama Argapoera dan ditandai dengan sebuah tugu ketinggian (triangulasi).

Gunung Argapura mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Gunung Argapura merupakan salah satu gunung yang memiliki banyak puncak. Dan beberapa puncaknya memiliki struktur geologi tua, dan sebagian yang lain lebih muda. Puncak tertinggi gunung Argopura sendiri adalah 3.088 mdpl.
Untuk mendaki gunung Argapura, ada beberapa jalur resmi yang bisa kita lewati guna pendakian kepuncak gunung Argapura. Antara lain jalur Benderan Besuki atau lewat desa Bremi, Kab Probolinggo. Tetapi yang kita bahas disini hanya jalur pendakian lewat Bremi saja, karena lebih cepat.
Untuk mencapai desa Bremi, kita dapat memanfaatkan jasa bus umum yang menuju desa ini yang hanya 2 x 1 hari, dari terminal probolinggo, yakni jam 06.00 WIB dan jam 12.00 WIB. Di sekitar desa Bremi, banyak terdapat penginapan-penginapan murah, dan memiliki ciri tersendiri. Konon, penginapan-penginapan ini sudah ada semenjak jaman pendudukan Belanda. Selain itu, di lokasi ini pemandanganya masih sangat asri dan alami.

0 komentar:

Posting Komentar